Cara Memupuk Tanaman Cabe

Pupuk Phonska Buat Tanaman Cabe

Cara pemberian pupuk untuk masa-masa pertumbuhan tanaman cabe, baik pada saat tanaman cabe masa perkecambahan, masa perawatan, hingga ke tahap pemberian pupuk ketika tanaman sudah beranjak dewasa dan menghasilkan organ tanaman utuh.

1. Pemupukan Cabe Umur 1 – 30 hari.

 Pada masa semai sebaiknya petani harus memberikan tanaman dengan pupuk organik dari tahi ayam kering yang kemudian dicampurkan dengan tanah bedengan. Perbandingan persentase jumlah tanah dengan kotoran tahi ayam kering adalah= 3:1. Pemupukan organik ini diberikan pada saat tanaman cabe berumur muda di bawah umur 30 hari.

Perlu menjadi catatan bahwa jangan sekali-kali memberi pupuk anorganik misalnya urea, TSP, KCL untuk tanaman cabe yang baru semai, atau baru dipindahkan dalam wadah pot polybag, karena hal tersebut akan membuat tanaman yang baru saja berkecambah akan cepat mati. Tanaman cabe yang masih mudah membutuhkan waktu yang cukup untuk beradaptasi dengan tempat dan senyawa kimia tertentu.

Sebaiknya untuk pemupukan anorganik dilakukan setelah tanaman setidaknya berumur di atas 1 bulan, dimana pada saat itu tanaman telah mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan barunya (tempat ia tumbuh).

2. Pemupukan Cabe Umur 1 bulan s.d 3 bulan.

Setelah pemupukan organik di bawah umur tanaman 1 bulan, maka pada bulan-bulan berikutnya yaitu tanaman cabe secara fisiologis telah siap untuk dimanja-manja secara bebas, artinya bisa diberikan pupuk organik maupun pupuk anorganik. Seandainya pemberian pupuk anorganik, maka anda bisa memberikan jenis pupuk seperti urea, larutan pupuk phonska cair, pupuk TSP, pupuk NPK mutiara.

3. Pemupukan Cabe Menjelang Tanaman Berbunga dan Berbuah.

Pada saat tanaman cabe sudah memasuki masa pembungaan, menjelang pembuahan, maka anda dapat memberikan tanaman cabe dengan berbagai macam unsur hara yang didapat dari pupuk tanaman tertentu, maka pada umur tanaman menginjak masa pembungaan dan berbuah, maka sebaiknya berikan saja secara rutin pupuk organik cair dari larutan pupuk phonska cair. 

0 Comments


EmoticonEmoticon